3 Komponen Saat Service Toyota yang Umumnya Diperiksa

Komponen Saat Service Toyota yang Umumnya Diperiksa

Mobil Toyota memang dikenal akan kualitas dan performanya yang terbaik. Hanya saja, banyak yang menganggap bahwa karena kualitas mobil asal Jepang yang satu ini sudah terjamin maka tidak perlu lagi melakukan servis berkala dan hanya melakukan servis seperlunya saja jika terdapat kerusakan. Padahal sebenarnya service Toyota secara berkala sangatlah penting untuk menjaga keawetan mesin.

Kualitas mobil Toyota memang tidak perlu diragukan lagi terbukti dari banyaknya konsumen yang merasa puas dan tidak menyesal setelah memutuskan membeli mobil Toyota. Hanya saja untuk menjaga kualitas mesin mobil agar tetap prima, pemilik mobil disarankan untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel untuk melakukan servis berkala setidaknya 3-4 bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen jika diperlukan yaitu sebagai berikut :

Kaki-kaki Mobil Toyota

Beberapa kondisi jalanan di Indonesia terdapat lubang atau permukaan jalan yang tidak benar-benar mulus atau bergelombang. Mobil yang melewati keadaan jalanan seperti ini harus berhati-hati dalam berkendara karena jalanan yang tidak rata dapat merusak bagian kaki-kaki mobil ataupun komponen yang menjadi cepat rusak karena bekerja lebih berat pada saat melewati jalanan yang kasar.

Apalagi pada mobil dengan ketinggian dari tanah yang rendah seperti Toyota Agya, Toyota Yaris, Toyota Camry, dan lainnya karena dapat membuat kaki-kaki lebih rentan rusak dibandingkan mobil dengan ketinggian dari tanah yang lebih tinggi seperti Toyota Fortuner, Toyota Rush, Toyota Venturer, dan lainnya.

Inilah alasan mengapa setiap mobil yang melewati jalanan yang kasar wajib untuk memperlambat laju mobilnya untuk melindungi kaki-kaki mobil dari kerusakan namun tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi kerusakan. Maka dari itu harus dilakukan servis untuk dilakukan pengecekan.

Kaki-kaki mobil seperti stabilizer, tie rod, booshing, dan ball joint umumnya memiliki masa pakai sekitar 5 tahun atau setelah menempuh jarak 100.000 km. Namun seberapa seringnya pengemudi menggunakan mobil pada kondisi jalanan yang rusak dapat memperpendek usianya dan mempercepat waktu untuk segera diganti di bengkel Toyota.

AC Toyota

AC mobil sudah pasti akan selalu dihidupkan agar udara terasa sejuk sehingga membuat pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman apalagi pada siang hari dengan panas matahari yang terik. Suhu AC juga umumnya dapat diatur sesuai dengan keinginan. Namun setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu, muncul masalah pada AC misalnya seperti AC tidak dingin, mengeluarkan bau tak sedap, menimbulkan suara berisik, AC mengeluarkan air, dan masalah lainnya.

Maka dari itu servis penting dilakukan untuk melakukan pengecekan AC mobil agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Biasanya pada servis AC akan dilakukan penggantian refigeran, pelumas, dan juga dilakukan pembersihan serta melakukan pemeriksaan kompresor yang sering menimbulkan masalah.

Sebaiknya servis AC dilakukan setiap 3.000 km sekali apabila sering digunakan dengan suhu yang paling dingin dan melewati kawasan berdebu. Apabila AC tidak dingin, pengecekan juga akan dilakukan apakah memang freon sudah habis atau terjadi kebocoran pada selang atau pipa AC. Bisa juga karena terjadi kerusakan pada kondensor dan evaporator serta komponen kompresor membuat AC mengeluarkan suara berisik.

Keseimbangan Toyota

Spooring merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk meluruskan posisi keempat roda mobil atau merupakan kondisi untuk menyeimbangkan kembali putaran masing-masing roda agar memiliki berat yang seimbang dan tidak berat sebelah.

Namun apabila mobil terasa masih tidak nyaman atau bermasalah setelah melakukan spooring dan balancing maka teknisi akan melakukan pengecekan komponen-komponen lainnya seperti tie rod dan ball joint yang biasanya menjadi penyebab munculnya suara berisik.

Kerusakan bisa saja menjadi semakin parah apabila kondisi tersebut dibiarkan misalnya seperti ban lepas dari tempatnya. Bushing juga rentan mengalami kerusakan dikarenakan benturan yang terjadi membuat karet menjadi tidak lentur lagi bahkan bisa saja pecah.

Bengkel Resmi Toyota

Astrido Toyota merupakan dealer resmi Toyota yang juga menawarkan layanan service Toyota terbaik di Jakarta. Bahkan anda tidak perlu repot membawa mobil ke bengkel karena dengan layanan Toyota Home Servis, Astrido dapat mendatangkan teknisi ke rumah anda untuk melakukan servis berkala atau melakukan pengecekan dan perbaikan sesuai permasalahan yang terjadi. Untuk booking jadwal servis anda bisa mengunjungi https://toyotaastrido.co.id.