6 cara menjalin kedekatan dengan keluarga

6 cara menjalin kedekatan dengan keluarga

Jadwal sekolah, kegiatan ekstrakulikuler anak dan pekerjaan yang sibuk yang dilakukan orang tuamenjadi salah satu hal umum yang dapat mengurangi waktu bersama keluarga. Untuk menemukan family time yang berkualitaspun akan semakin sulit karena kita selalu merasa “tidak memiliki waktu” karena kesibukan masing-masing. Saatnya untuk mendekatkan keluarga anda dengan menjadikan waktu keluarga sebagai prioritas dan saling mendukung buatlah hal tersebut menjadi salah satu yang terorganisir dan juga kreatif agar waktu bersama dengan keluarga menjadi maksimal.

  1. Menulis catatan satu sama lain

Selalu katakana kepada semua anggota keluarga untuk mengingatkan bahwa anda sangat peduli kepada mereka. Jangan hanya kata-kata tetapi kalian bisa menunjukan rasa pedulu dengan menuliskan notes pada secarik kertas, dan anda bisa memasukannya kepada tas kerja suami atau tas sekolah anak kalian. jika kalian seorang ibu kalian bisa menuliskan “selamat bekerja dikantor, selalu semangat ya!” pada suami anda kalian tidak hanya bis amenuliskan di kertas saja, tetapi kalian bisa menuliskan pada post it yang ada di laptop suami anda, atau jika anda merupakan seorang suami anda bisa menuliskan “terimakasih sarapan enaknya, tunggu aku pulang kerumah sayang” untuk istri kalian dankalian bisa menempelkannya di kulkas. Dan jika anda orang tua, kalian bisa menuliskan “semangat sekolah, sampai bertemu lagi dirumah sayang” untuk anak-anak kalian dan kalian bisa menyimpannya di depan kotak makan siang mereka

  1. Memasak bersama

Ajari anak-anak anda cara memasak dengan menjadikannya waktu yang menyenangkan bagi keluarga. Turunkan resep keluarga dari generasi yang lalu dan bakan mungkin kalian bisa membuat resepbaru bersama anak-anak anda. Mulailah dengan perlahan dan ingatlah untuk selalu mengawasi anak-anak anda di dapur.

  1. Makan malam bersama keluarga

Dengan semua jadwal yang saling bentrok, sebaiknya kalian tetap meluangkan waktu sesering mungkin untuk duduk dan makan malam bersama keluarga. matikan televisi dan dengarkan satu sama lain, bisa membuka topik pembicaraan dengan menceritakan kejadian-kejaidna yang lalu atau sekedar bercerita tentang kejadian yang dialami hari itu. Jadikan malam minggu sebagai malam keluarga. Undang keluarga besar untuk menjalin ikatan dengan kakek-nenek, bibi, paman, sepupu dan kerabat lainnya.

  1. Buatlah kegiatan tradisi keluarga

tradisi keluarga tidak hanya untuk liburan. Cobalah mengintegrasikan beberapa tradisi ke dalam rutinitas mingguan atau bulanan anda bersama keluarga. Misalnya tradisi menonton film setiap hari sabtu malam, tradisi keluarga ini akan menciptakan kenangan yang bertahan seumur hidup.

  1. Saling mendukung

Semua anggota keluarga anda memiliki bakat dan minat khusus. Luangkan waktu untuk menonton resital tari putri anda atau pertandingan sepak bola putra anda sebagai sebuah keluarga. Tunjukkan pada mereka bahwa anda (dan seluruh keluarga) mendukung mereka dengan menghadiri kegiatan khusus untuk setiap anggota keluarga. Anggota keluarga anda akan menghargai dukungan dan cinta yang anda berikan kepada mereka dan itu juga memberi anda kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama yang berkualitas.

  1. Setiap orang memiliki suara, jadi dengarkanlah

Anda membesarkan anak-anak anda untuk memiliki pendapat dan menjadi pribadi mereka sendiri. Jadi, ketika anda memutuskan bagaimana keluarga anda harus menghabiskan waktu bersama, biarkan anak-anak anda berpadu dengan pendapat mereka. Jika anak-anak anda merasa pendapat dan preferensi mereka dipertimbangkan, mereka akan lebih senang bergaul bersama orang tua. mereka bahkan mungkin akan menantikannya acara keluarga tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *