7 Cara Menaikkan Berat Badan Anak yang Sehat dan Aman

7 Cara Menaikkan Berat Badan Anak yang Sehat dan Aman

Berat badan si kecil yang ideal sesuai usia menandakan kesehatannya terjaga. Apabila berat badannya kurang, segeralah lakukan perbaikan pola hidup sehat kepada si kecil. Berbagai cara menaikkan berat badan anak yang sehat dan aman berikut ini sangat efektif diterapkan. Lakukan semua ini setiap hari agar berat badan si kecil ideal, sehingga tumbuh kembangnya juga optimal.

  1. Makan Teratur yang Bergizi Sesuai Porsi

Asupan makanan wajib diperhatikan sejak dini untuk menunjang terpenuhinya energi dan gizi anak. Diperlukan pemantauan berat badan si kecil sesuai usianya agar mengetahui sudah mencapai berat badan ideal atau belum. Jika berat badannya masih kurang atau belum ideal, maka perbaikilah aturan makannya. Pastikan si kecil makan teratur dengan makanan bergizi lengkap sesuai porsi.

Jika persoalannya adalah nafsu makan yang naik turun, maka variasikan makanan yang dikonsumsi agar ia tetap mau makan. trik ini sangat diperlukan untuk menunjang terpenuhinya asupan gizi untuk anak. Berat badannya juga dapat mencapai kategori ideal.

  1. Memenuhi Kebutuhan Kalori

Selain memenuhi asupan makanan secara teratur dan sesuai porsi, pengoptimalan asupan kalori juga harus dilakukan. Usahakan si kecil mengonsumsi kalori lebih banyak, asalkan tetap diimbangi dengan kandungan gizi lainnya agar tetap seimbang. Berikan makanan berkalori yang sehat agar tubuhnya tetap sehat dan tidak obesitas, misalnya nasi, sereal, roti gandum, alpukat, dan susu.

Tambahan asupan kalori sebanyak 500 kkal setiap harinya akan menambah berat badan si kecil sebanyak 5 ons setiap minggunya. Metode ini berhasil asalkan Anda sudah memenuhi asupan kalori dasar untuk si kecil sesuai usianya. Informasinya dapat diperoleh dari dokter, ahli gizi, ataupun dengan membaca situs kesehatan yang terpercaya.

  1. Mengonsumsi Camilan Sehat

Penambahan berat badan si kecil dapat dioptimalkan dengan memberinya camilan sehat. anda dapat memberikan buah-buahan sebagai camilan sehatnya. Dengan cara ini, si kecil akan tumbuh sehat karena camilannya berupa buah segar yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan gulanya juga alami, sehingga mudah dicerna dan tidak berlebihan untuk tubuh.

Tentu saja berat badan si kecil akan meningkat dan bisa menyentuh kategori ideal. Agar tidak bosan, Anda dapat mengolahnya menjadi jus buah, smoothies, dan salad buah. Tambahan susu kental manis di dalamnya dapat menambah gizi dan menunjang terpenuhinya kebutuhan kalori.

  1. Mengonsumsi Minuman Sehat

Minuman sehat sangat dibutuhkan untuk menunjang asupan energi untuk si kecil agar berat badannya meningkat sampai menyentuh batas ideal. Anda dapat memberikan susu, jus buah, dan smoothies agar memenuhi kebutuhan energi, kalori, dan komposisi gizi lainnya. Berikan buah yang sesuai dengan selera anak.

  1. Menambah Asupan Lemak Baik

Perlu diingat, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan lemak baik untuk si kecil. Bagaimanapun juga, lemak tak jenuh ini dibutuhkan untuk memecah lemak jahat atau jenuh yang ada dalam tubuh. Terurainya lemak jahat akan melancarkan sirkulasi darah dan sistem pencernaan. Alhasil, tubuh akan lebih sehat dan tidak obesitas.

Terlebih lagi, tubuh akan mempunyai cadangan energi dalam bentuk lemak baik yang bisa dicerna dengan mudah dan tidak menumpuk. Makanan yang mengandung lemak baik ini adalah alpukat dan susu.

  1. Memastikan Waktu Tidur Cukup

Sistem metabolisme tubuh akan makin lancar dengan menjaga waktu tidur selalu cukup. Usahakan si kecil tidur cukup di siang hari dan malam hari. Tujuannya adalah agar sistem metabolisme lancar, sehingga sistem pencernaannya juga terjaga.

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga yang rutin bermanfaat mengaktifkan otot dan menyehatkan tubuh. Pembakaran lemak juga akan terjadi. Akibatnya, kebutuhan energi si kecil akan meningkat. Dengan demikian, porsi makannya bisa lebih banyak.

Dengan menerapkan berbagai cara menaikkan berat badan anak di atas, program mewujudkan berat badan ideal akan terwujud. Anda dapat mengajak si kecil menerapkan pola makan sehat, istirahat teratur, dan olahraga rutin. Bangkitkan selera makan anak setiap waktu dengan menyiapkan menu terbaik yang pastinya bergizi lengkap dan seimbang. Kalorinya juga cukup.