Asal Mula Cappuccino Minuman Kopi Khas Italia

Asal Mula Cappuccino Minuman Kopi Khas Italia

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebuah minuman yang disebut dengan cappuccino. Ya, ini adalah salah satu varian kopi yang banyak disukai orang. Rasanya nikmat dan membuat banyak orang tertarik dan ketagihan saat mencicipinya. Namun, tahukah Anda tentang asal usul minuman yang satu ini? Untuk yang ingin tahu, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Cappuccino merupakan salah satu jenis minuman yang berasal dari negara Italia. Minuman yang satu ini menjadi salah satu varian minuman kopi yang sangat terkenal bahkan di seluruh dunia. Di Italia, cappuccino biasanya dijadikan sebagai minuman untuk menemani sarapan.

Rasanya sangat enak karena perpaduan dari kopi dan susu yang memiliki kekuatan untuk mendukung aktivitas seharian penuh. Nah, di Italia, nama cappuccino sendiri memiliki makna cap kecil. Hal ini karena dalam penyajian minuman ini setiap cangkirnya berisikan dengan busa susu, kopi dan susu yang tercampur dengan sangat nikmat.

Adapun istilah cap kecil ini menjadi sebuah simbol dari sebuah komunitas agama fashion yang diduga menjadi inspirasi dari lahirnya cappuccino. Mereka sendiri merupakan seorang biarawan kapusin. Adapun orang-orang ini sendiri biasanya menggunakan jubah yang berwarna cokelat dan juga menggunakan tudung serta mencukur kepalanya.

Orang-orang inilah yang menjadi inspirasi dari minuman ini. Bahkan ada sebuah pendapat yang menyebutkan bahwa orang yang kepalanya botak sangat mirip dengan permukaan pada busa susu cappuccino lho.

Adapun cerita tentang biarawan kapusin yang menggunakan jubah cokelat serta kisah itu berasal dari gereja katolik Fransiskan Katolik. Para biarawan ini kemudian diselamatkan pada tahun 1520. Sedangkan biksu mereka juga mendapatkan serangan dari kaumnya sendiri yakni dari para biarawan yang berasal dari Benediktin Camaldolese.

Biarawan ini juga ternyata di bawah naungan gereja resmi dari kelompok yang berkuasa. Nah, di masa sulit tersebut, para biarawan Benediktin Camaldolese membantu dan mencoba menyelamatkannya dari proses pengejaran. Hingga akhirnya biarawan Benediktin Camaldolese menggunakan jubah berwarna cokelat dan tudung untuk menyelamatkan diri.

Melihat kisah di atas, nama cappuccino sendiri berasal dari sebuah kisah perjuangan yang bahkan jarang diketahui oleh banyak orang. Jika Anda pernah menemukan secangkir cappuccino yang memiliki busa dan menutupi seluruh permukaan cangkir serta lingkaran cokelat di pinggirannya.

Ini adalah salah satu bentuk penyajian cappuccino secara tradisional. Ini juga yang menjadikan minuman sering disebut dengan nama kutu rambut. Penampakan cappuccino yang seperti ini terjadi sebelum ditemukannya latte art.

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan penampakan cappuccino latte yang begitu menarik dan bervariasi. Nah, dari sini, Anda bisa mengenal asal usul dari minuman khas Italia yang sangat terkenal di belahan dunia. Rasanya yang nikmat dan bentuk penyajian yang unik ternyata memiliki asal usul yang tidak banyak diketahui banyak orang.