Jenis-Jenis Bahan Kain yang Dapat Digunakan Untuk Sablon T-shirt

Jenis-Jenis Bahan Kain yang Dapat Digunakan Untuk Sablon T-shirt

Tidak semua bahan kain dapat digunakan untuk custom tshirt sablon karena hasil yang diperoleh akan kurang maksimal dan hasil cetak tidak tahan lama. Jenis bahan t-shirt yang dipilih harusnya yang memiliki komposisi campuran bahan baku kain yang tepat agar hasil sablon sempurna.

Bahan yang Cocok untuk Sablon T-shirt Printing

  1. Cotton Combed

Cotton comberd merupakan jenis kain katun yang memiliki tekstur permukaan halu yang terbuat dari serat kapas dengan karakteristik benang yang sangat halus dan rajutan yang rata. Karena permukaannya yang halus dan tidak berbulu, kain ini cocok digunakan untuk di print sablon t-shirt namun baju dengan bahan ini cukup mahal namun berkualitas.

  1. Cotton Carded

Cotton carded memiliki kualitas di bawah cotton combed. Tekstur permukaannya kurang halus dan tidak rata dibandingkan dengan cotton combed. Namun karena masih terbuat dari kapas, kain ini juga cocok digunakan untuk sablon.

Cotton carded juga cukup nyaman ketika dikenakan. Proses yang digunakan untuk membuat jenis kain ini adalah dengan cara carding atau denga mengolah serat kapas dengan cara digaruk (carded) sebelum dipintal jadi benang.

  1. Cotton Slub

Cotton slub memiliki tekstur permukaan seperti benjolan-benjolan kecil sehingga teksturnya tidak rata namun masih tetap halus. Permukaan yang halus dikarenakan saat ditenun, kapas atau kainnya dipelintir. Cotton slub sering digunakan untuk membuat kaos polos dan kaos reglan yang dapat di sablon.

  1. Cotton Spandex

Cotton spandex merupakan campuran dari bahan serat spandex dan benang katun di mana keduanya sama-sama bersifat elastis. Jenis kain ini bersifat tahan lama dan memberikan rasa dingin ketika dikenakan. Cotton spandex sangat nyaman digunakan dan cocok dijadikan untuk custom t-shirt sablon.

  1. Cotton Tri-Blend

Seperti namanya, bahan ini terbuat dari campuran 3 bahan yaitu 50% polyester, 25% katun, dan 25% rayon. Jenis kain ini memiliki tekstur permukaan yang halus, lembut, lentur, dan tidak musah kusam sehingga tinta sablon dapat lebih mudah diaplikasikan dan tahan lama.

  1. Cotton Bamboo

Cotton bamboo memiliki tekstur permukaan yang sangat halus dan lembut dengan permukaan yang rata serta terbuat dari jenis benang yang membuat t-shirt berbahan ini akan jatuh mengikuti bentuk badan. Daya tahan cotton bamboo juga sangat baik dan tidak mudah menyusut walaupun sudah dicuci berulang kali.

  1. Cotton Supima

Cotton supima terbuat dari kapas pima yang sudah dikenal sebagai kapas terbaik di dunia sehingga tidak perlu lagi meragukan kualitas t-shirt dari bahan supima ini. namun pastinya adanya kualitas juga sebanding dengan harga yang ditawarkan. Cotton supima juga cocok dijadikan untuk sablon tshirt printing karena bahannya yang halus dan lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *